Friday, March 1, 2024
HomeBusinessApa Dampak dari Isu Pencucian Uang dalam Industri Kripto?

Apa Dampak dari Isu Pencucian Uang dalam Industri Kripto?

Belakangan ini, rumor pencucian uang terjadi di industri kripto global. Hal itu karena salah satunya pendiri exchange kripto Changpeng Zhao (CZ) Binance, akui bersalah atas tuntutan Departemen Kehakiman (US Department of Justice/DOJ) Amerika Serikat (AS) berkaitan pelanggaran undang-undang pencucian uang.

Disamping itu, rumor sama yang terjadi yaitu SEC melontarkan dakwaan pada exchange kripto berbasiskan di Amerika Serikat yang lain yakni Kraken. Dakwaan itu terkait dengan claim SEC jika Kraken adalah perusahaan yang bekerja sebagai broker, instansi kliring, dan dealer ilegal dan tidak tercatat yang memberikan fasilitas perdagangan sekuritas. Bagaimana efeknya pada pasar kripto?

Robby sebagai Chief Compliance Officer (CCO) Reku sekalian Ketua Umum Aspakrindo-ABI mengutarakan kedukaan pada informasi itu. Informasi itu bisa mempunyai potensi memengaruhi kepercayaan diri investor global pada asset kripto. Keinginannya, warga dapat ambil pelajaran dari informasi itu. Khususnya saat pilih basis, pilih exchange yang tercatat di Bappebti.

Baca juga : betwin

“Ditambah di Indonesia sendiri, pemerintahan secara serius atur semua operasional basis exchange kripto yang tercatat,” terang Robby dalam penjelasannya, Sabtu (25/11/2023).

Robby meneruskan, ketentuan itu tercantum dalam Ketentuan Bappebti. Salah satunya Ketentuan Bappebti No 13 Tahun 2022 berkenaan Peralihan atas Ketentuan Bappebti yang mengatur Anti Pencucian Uang dan Penangkalan Permodalan Terorisme (APU-PPT). Disamping itu, Ketentuan Bappebti No. 8 Tahun 2021 yang atur implementasi Travel Rule.

“Usaha ini digerakkan untuk menghambat perlakuan ilegal dari aktor exchange sekalian memberi pelindungan untuk beberapa investor,” terang Robby.

Peranan Indonesia sebagai anggota penuh Financial Action Task Force (FATF/Gugusan Pekerjaan Tindakan Keuangan) perkuat usaha penangkalan pencucian uang. Keanggotaan di FATF tingkatkan integritas law enforcement Indonesia dalam penangkalan hal ilegal termasuk pencucian uang. Seperti pada Reku, mengaplikasikan proses e-KYC (Know Your Konsumen) yang ketat namun masih tetap jaga privacy pelanggan.

“Disamping itu, Reku teratur lakukan audit external, yang mana dari hasil audit itu mengatakan dana yang ada dalam Reku lebih banyak dibanding jumlah transaksi bisnis pemakai. Ini memvisualisasikan jika Reku benar-benar jaga keamanan transaksi bisnis pemakai, tidak menyalahgunakannya apalagi untuk pencucian uang . Maka diharap warga pun tidak menggeneralisasi informasi yang ramai terjadi ke semua exchanger,” ungkapkan Robby.

Imbas Pada Pasar Kripto

Ketika yang bersama, Crypto Analyst Reku Fahmi Almuttaqin menjelaskan, kekuatan berkurangnya kepercayaan diri investor disebabkan karena nominal denda yang disebut rekor paling tinggi antara kasus kripto sebelumnya. Investor bisa menafsirkan informasi itu sebagai ‘opportunity loss’ untuk pasar kripto ingat Binance adalah salah satunya investor lembaga paling besar yang lumayan banyak melakukan investasi di beberapa proyek kripto.

“Nominal denda sebesar lebih dari US$ 4 miliar itu jika didistribusikan untuk investasi pada beberapa proyek kripto yang berkembang, pasti berpengaruh benar-benar positif pada pasar,” kata Fahmi.

Pasar kripto juga sempat alami bearish sesudah ada informasi itu. Melanisir Coinmarketcap pada 22 November 2023, Bitcoin turun 3,62% ke US$36.107. Disamping itu, Ethereum turun juga 3,2% di dalam 24 jam paling akhir. BNB menurun 13,2%. Begitupun dengan Dogecoin yang terevisi 5,68% di dalam 24 jam paling akhir.

Fahmi meneruskan, pelemahan pasar kripto karena informasi itu bisa disebutkan ada dengan tingkat yang lumrah. Jika momen itu terjadi pada keadaan pasar yang tidak sekeras saat ini, kemungkinan pasar kripto bisa terevisi lebih dalam . Pengurangan harga beberapa aset kripto di pasar yang termasuk lumayan rendah relatif pada rasio informasi yang terjadi, mengisyaratkan kemampuan esensial pasar kripto yang positif.

Artikel lain : 6 Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Perlu Bongkar Mesin

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments